-->

Hak-Hak Perempuan dalam Islam

 

Hak-Hak Perempuan dalam Islam



Banyak orang berpikir bahwa wanita dalam Islam tidak memiliki hak. Mereka berpikir bahwa Islam menindas wanita dan tidak memperlakukan mereka sebagai manusia. Dalam artikel ini kesalahpahaman ini akan dibahas dan dijawab.

Islam menganggap wanita sebagai anggota yang memainkan peran yang sangat penting dalam masyarakat Islam. Seorang wanita membesarkan anak-anak, membangun generasi muda dan membawa mereka ke masyarakat untuk membantu membangunnya. Islam mengakui peran penting ini, dan mengakui upaya yang dilakukan seorang ibu untuk merawat anaknya sejak lahir hingga pernikahannya, dan bahkan setelah pernikahannya. Itulah sebabnya ketika seorang pria datang kepada Nabi Muhammad dan bertanya kepadanya tentang siapa di antara orang-orang yang paling pantas mendapatkan perlakuan baiknya, jawaban Nabi Muhammad adalah: "ibumu". Pria itu bertanya kepada Nabi Muhammad: "Lalu siapa?", Nabi Muhammad berkata: "ibumu", Lalu pria itu bertanya lagi. Nabi berkata untuk ketiga kalinya: "ibumu". Pria itu bertanya lagi, Nabi Muhammad berkata: "ayahmu".

Nabi Muhammad mengatakan bahwa seorang pria yang memiliki anak perempuan dan membesarkan mereka dengan baik akan memasuki surga. Dia mengatakan bahwa mencari ilmu adalah wajib untuk setiap pria dan wanita Muslim. Ini menjawab kesalahpahaman di kalangan non-Muslim bahwa wanita Muslim tidak diizinkan untuk dididik dalam Islam. Sebenarnya wajib bagi mereka untuk dididik. Perempuan bahkan dikonsultasikan dalam Islam. Ini jelas selama kehidupan Nabi Muhammad ketika dia berkonsultasi dengan istrinya dalam urusan negara Islam. Aisha, istri Nabi Muhammad biasa mengajar orang-orang tentang apa yang dia pelajari darinya, dan orang-orang biasa bertanya dan berkonsultasi dengannya.

Islam memerintahkan seorang suami untuk memperlakukan istrinya dengan baik sehingga Nabi (saw) mengatakan bahwa yang terbaik dari Muslim adalah yang terbaik untuk istri mereka. Al-Qur'an memerintahkan para suami untuk memperlakukan istri mereka dengan baik. Dalam Islam, seorang suami harus membayar hadiah kepada istrinya dan itu adalah syarat utama dalam kontrak pernikahan. Seorang wanita dalam Islam tidak diminta untuk menghabiskan satu sen pun di rumahnya tetapi itu sebenarnya merupakan tanggung jawab suami. Tanggung jawab utama seorang wanita adalah merawat rumahnya. Jadi, bahkan jika seorang wanita bekerja dan mendapatkan uang, dia tidak diminta untuk membeli rumah itu. Dia memiliki hak untuk menyimpan semua uang untuk dirinya sendiri.

Islam mengakui bahwa ada perbedaan sifat antara pria dan wanita, itulah sebabnya masing-masing memiliki tanggung jawab yang berbeda. Meskipun laki-laki adalah pemimpin rumah, kepemimpinan ini berarti bahwa ia memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Tuhan akan mempertanggungjawabkan dia atas apa yang dia lakukan dan apakah dia memenuhi tugasnya atau tidak. Seorang wanita memiliki tanggung jawab yang lebih sedikit karena dia umumnya lebih lemah di alam dan karena dia umumnya didorong oleh emosinya. Karena itulah Islam mementingkan keadilan, bukan keadilan. Pria dan wanita tidak memiliki sifat yang sama dengan pria pada umumnya lebih kuat dan pikirannya mengatasi emosinya. Jadi dia secara alami seharusnya memiliki lebih banyak tanggung jawab. Ini bukan penindasan terhadap wanita tetapi ini merupakan rahmat bagi wanita karena ini tidak akan memuat apa yang tidak dapat mereka tanggung.

0 Response to "Hak-Hak Perempuan dalam Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel